Monday, December 31, 2012

Masking Teks



MASKING TEKS

Kali ini gw mw ngeshare salah satu trik masking yaitu masking teks caranya simple ajj n bias langsung dipraktekin , lngsung cekidot aja ya :)

1.      Buka program Adobe flash CS4 (disini gw pake yg CS4 tp trik ini bisa dipake ke smw versi adobe flash) pilih action script 2.0 lalu atur properties size stage menjadi 550px X 400px




2.      Lalu ketik tulisan apa saja disini saya menulis MASKING pada layer 1 lalu klik kanan pada frame 15 pilih Insert Keyframe


3.      Lalu buat layer baru dengan mengklik ikon New Layer yang berada di sudut bawah sebelah kiri pada Timeline bar. Lalu buat sebuah persegi dengan warna gradient putih-hitam yang berada di pilihan warna Fill Color pada Toolbox, pilih warna gradient putih-hitam yang berada di sudut bawah sebelah kiri Fill Color Toolbox. Posisikan persegi seperti yang terdapat pada gambar berikut.


4.      Setelah itu Insert Keyframe lagi pada layer 2 di frame 15, kemudian klik pada gambar persegi dan geser perlahan kearah kanan melewati tulisan MASKING. 

5.      Lalu klik kanan pada frame 1 dan klik Create Classic Tween, jika berhasil maka akan terbentuk tanda panah dari frame 1 layer 2 menuju frame 15 layer 2 . posisi persegi juga akan kembali ke posisi awal yaitu pada frame 1.

6.      Terakhir klik kanan pada layer 2 lalu pilih mask maka stage akan kosong, untuk melihat hasilnya tekan Ctrl+Enter pada keyboard.

nah gampang kan ? tinggal dicoba deh, dibawah ini gw kasi juga link download trik ini versi word dan swfnya 






No comments:

Post a Comment